Jumat, 14 Mei 2010

Mozaik Surau

Mozaik Surau merupakan sebuah buletin bulanan Surau Baitul Amin Sawangan (SBA) yang terbit dalam bentuk cetak delapan halaman. Secara rutin buletin ini terbit secara gratis pada Senin atau Kamis malam di minggu pertama pada setiap bulannya.

Pendistribusian dilakukan oleh manajemen Kampus Baitul Amin kepada jamaah dan khalayak umum di sekitar SBA. Buletin juga didistribusikan ke lembaga sosial dan pemerintahan yang memiliki hubungan baik dengan SBA seperti Polsek Sawangan, KUA Sawangan, majelis taklim, panti asuhan, dan lembaga lainnya.

Mozaik Surau dicetak sebanyak 1.500 eksemplar pada setiap penerbitan reguler. Pada saat penyelenggaraan kegiatan publik tertentu seperti Tabligh Akbar, Mozaik Surau dicetak sebanyak 6.000 eksemplar.

Buletin ini berisi berita mengenai kegiatan surau seperti kegiatan tabligh akbar, pengajian dan pelatihan. Selain berita, Mozaik Surau juga menampilkan artikel mengenai Islam dan Tasawuf dengan penekanan dari sisi yang mengangkat nilai-nilai Akhlakul Karimah dan Aqidah. Penulisan artikel diperkuat dengan pembahasan dari sudut Fiqih.

Walaupun hanya menarget khalayak di SBA dan sekitarnya, Mozaik Surau juga dibaca oleh jamaah surau dan lembaga lainnya dibawah naungan Yayasan Prof. DR. H. Kadirun Yahya (YPDKY) di seluruh pelosok Indonesia. Pendistribusian ke wilayah yang lebih luas ini dilakukan oleh para jamaah yang melakukan itikaf di SBA yang kemudian pulang ke kampung halamannya dengan membawa beberapa eksemplar cetakan Mozaik Surau. Sebagian jamaah di daerah juga berinisiatif untuk mengunduh salinan lunak (soft copy) dari situs ini mencetaknya untuk dijadikan majalah dinding di suraunya masing-masing.

Melihat kondisi tersebut, dapat dikatakan Mozaik Surau 'dengan tidak sengaja' telah terdistribusi secara nasional. Mozaik Surau bahkan pernah dijadikan sumber penulisan mengenai Tarekat dan Tasawuf dalam rubrik Islam Digest di Harian Umum Republika.

Buletin ini juga menyediakan ruang iklan untuk mempromosikan produk berupa barang dan jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar